Thursday, July 27, 2017

Wow ! Gunung Es Ini Bisa Semburkan Air Mancur Di Gurun Pasir !


gudangbalok - Pemanasan global yang saat ini semakin meningkat, membuat berbagai gunung es di kutub utara yang telah membeku jutaan tahun , mencair dengan mudahnya, tidak hanya kutub utara ,namun berbagai lapisan es di dunia yang ada di gunung maupun lautan , semuanya sudah semakin menghilang atau mencair karena efek pemanasan global. 

Di ketahui bahwa telah banyak warga dunia yang merasakan efek dari pemanasan global ini, beberapa daerah di dunia ada yang telah mengalami luapan air berlebihan dari efek pemanasan global ini, cuaca ekstrim yang semakin tidak bersahabat, dan bahkan ada juga beberapa daerah di dunia mengalami kekeringan yang semakin berkepanjangan.




Seperti halnya sebuah wilayah padang pasir kering bernama Ladakh, yang terdapat di India bagian utara. Daerah ini memang menjadi wilayah yang kesulitan dalam memperoleh sumber air, pasalnya wilayah ini di apit oleh dua pegunungan tertinggi di dunia, yaitu pegunungan Himalaya dan pegunungan Kulun, yang letak geografisnya menyebabkan iklim di Ladakh sangat kering , yang menyebabkan curah hujannya menjadi sangat rendah, tetapi jika di musim dingin wilayah ini bisa mengalami suhu yang sampai membeku. Sehingga warga sekitar hanya bisa mengandalkan pasokan air dari lelehan es dan salju dari kedua pegunungan yang berada di antara wilayah mereka.

Namun permasalahan pemanasan global semakin membuat wilayah ini mengalami kesulitan dalam memperoleh pasokan air bersih, dan wilayah ini semakin mengalami kekeringan. Sehingga pada musim semi di bulan-bulan penting untuk bercocok tanam , yaitu april dan mei, para warga mengalami kendala ,  di sebabkan oleh air dari hasil lelehan es di pegunungan sekitar hanya mencair pada musim panas. Makanya saat ini warga Ladakh juga sering tidak memiliki air untuk melakukan irigasi lahan, dan merawat ternak

Nah, hal ini membuat salah satu insinyur mekanik lokal bernama Sonam Wangchuk, memikirkan sebuah ide dan seuah karya yang luar biasa , yang bisa membantu para warga Ladakh, yaitu ide membuat sebuah gunung es buatan, yang di mana ide tersebut yang telah menyulap gurun pasir yang kering , mendadak memiliki sebuah gunung es yang bisa menyemburkan air.
Seperti halnya yang di lansir oleh CNN, Wangchuk menghasilkan kreasi ini , demi untuk memerangi krisis air yang semakin parah terjadi di wilayah Ladakh.




Sonam Wangchuk berpikir keras, untuk dapat menghasilkan sebuah pasokan air bersih yang dapat membantu para warga Ladakh, dan tetap bisa memiliki pasokan air bersih yang stabil sepanjang tahun. Maka dari itulah, ide gunung es Wangchuk lahir, dengan di beri nama "Ice Stupa", di sebabkan bentuknya yang menyerupai stupa-stupa Buddha yang berada di Ladakh.

Dengan ide tersebut, Wangchuk membuat es dan salju yang meleleh pada musim panas , di bekukan kembali , yang di bentuk menyerupai gunung es buatan, yang di mana terdapat sebuah pipa di bawah gunung es ini, yang dapat mengalirkan air bersih secara teratur dan perlahan ke setiap rumah warga, sehingga para warga dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan mereka ,dan juga untuk mengairi kebun-kebun. Tidak hanya itu, ketika salju dan es yang terdapat di gunung masih membeku pada musim dingin, gunung es buatan Wangchuk juga tetap dapat di lelehkan dengan sebuah teknologi , jika sedang mengalami musim dingin di daerah tersebut, sehingga pasokan air bersih dapat tetap tersalurkan kepada setiap warga.




Proyek ice stupa ini mulai di rintis oleh Wangchuk sejak tahun 2014, dengan pendanaan satu ice stupa yang di bantu oleh Crowdfunding, di karenakan proyek ice stupa Wangchuk berhasil dan bermanfaat bagi para warga di Ladakh, akhirnya dia mendapatkan bantuan dana lagi untuk membangun 20 ice stupa lainnya.
Tidak hanya bermanfaat, munculnya gunung-gunung es buatan di padang pasir ,juga menarik minat para pelancong untuk berbondong-bondong menyaksikan langsung sebuah karya gunung es buatan yang di kreasikan oleh Sonam Wangchuk, dan juga dengan hal tersebut, pariwisata di Ladakh-pun mendadak semakin meningkat.


Klik Gambar ! Daftarkan Diri Kamu & Dapatkan Keuntungan Jutaan Rupiah!


Dengan konsep ilmu yang sederhana dan kreasi yang di hasilkan oleh Wangchuk, hal tersebut sudah sangat membantu mengubah kehidupan warga di sekitar dapat menjadi lebih baik lagi dari biasanya.
Wahh... luar biasa bukan ? sebuah tindakan sederhana , dapat membantu kehidupan banyak orang. Jadi, mulailah dari hal sederhana ya guys. Sebuah hal baik bisa di hasilkan dari hal kecil.



sumber : https://www.kaskus.co.id/thread/597997fc1854f7230f8b4585/ada-gunung-es-yang-semburkan-air-muncul-di-tengah-padang-pasir/?ref=homelanding&med=hot_thread

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa di like & Share ya. Thank you.