Monday, July 31, 2017

5 Bencana Alam Yang Pernah Terjadi di Indonesia !

gudangbalok - Bencana alam merupakan suatu hal yang tidak pernah terprediksi oleh manusia kapan terjadinya dan dimana akan terjadi. Tentu bencana alam selalu menjadi momok yang menakutkan untuk setiap orang dan selalu merugikan untuk setiap orang yang mengalaminya, baik kerugian dalam segi materi maupun dalam segi korban jiwa. 




Sejarah tentang bencana di Indonesia telah banyak mencatat ,bahwa beberapa bencana alam dahsyat pernah terjadi di beberapa daerah di Indonesia, tidak hanya terjadi di masa lalu, namun juga terjadi masa kini, di mana dampak yang di akibatkan sangatlah mengerikan guys.


Berikut akan kami sajikan beberapa bencana alam terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia :


  • Gunung Kelud (Kediri/Jawa Timur)


Letusan yang terjadi pada tahun 1919 merupakan bencana terbesar yang dihasilkan oleh gunung Kelud pada abad ke 20. Diperkirakan sekitar 5160 orang meninggal.
Letusan terjadi pada tengah malam antara tanggal 19 dan 20 Mei 1919 yang ditandai dengan suara dentuman sangat keras, bahkan terdengar sampai di Kalimantan dan hujan abu menyebar akibat tiupan angin ke arah timur.



  • Gempa bumi di Sumatera Barat

Gempa yang terjadi dilepas pantai Sumatera Barat tercatat kekuatan gempanya yaitu 7,6 SR, pada tanggal 30 September 2009, sekitar pukul 17:16 WIB . Tercatat sebanyak 6.234 orang tewas akibat gempa ini, yang tersebar di 3 kota dan 4 kabupaten di Sumatera Barat. Korban dengan luka berat mencapai 1.214 orang, luka ringan 1.688 orang, korban hilang 1 orang. Sedangkan 135.448 rumah rusak berat, 65.380 rumah rusak sedang dan 78.604 rumah rusak ringan. Ngeri ya guys?


  • Bencana Gunung Krakatau

Bisa dibayangkan apa yang terjadi 129 tahun lalu, ketika Gunung Krakatau meletus? Tepatnya pada tanggal 26 Agustus 1883 gunung Krakatau meletus dan mengakibatkan daya ledak yang diperkirakan 30.000 kali lipat bom atom Nagasaki dan Hiroshima di Jepang. Suara letusannya terdengar sejauh 4.653 km hingga Australia dan bahkan Afrika. Korban jiwa mencapai lebih dari 36.000 jiwa. Dampak dari ledakan ini menimbulkan gelombang laut setinggi 40 meter, gempa bumi, dan tsunami hingga mencapai Hawaii.


  • Gunung Tambora, NTB

Gunung Tambora di ketahui menjadi lebih aktif pada tahun 1812 , yang puncak letusannya tercatat terjadi pada bulan April 1815. Besar letusan yang di akibatkan oleh Gunung Tambora masuk ke dalam skala tujuh VEI (Indeks Letusan Gunung Internasional), dengan sejumlah semburan tefrit sebesar 1.6 × 1011 meter kubik. Di ketahui letusan yang terjadi pada Gunung Tambora , mengakibatkan munculnya sebuah tsunami besar yang berdampak pada beberapa pantai yang ada di Indonesia pada tanggal 10 April 1815 dengan ketinggian di atas 4 m. Tinggi asap letusan juga mencapai ketinggian lebih dari 43 km, di sebabkan daya tarik grafitasi yang ringan diangkasa, abu dan debu Tambora melayang dan menyebar di seluruh dunia.

  • Letusan Di Danau Toba

Bencana alam satu ini memang tidak pernah disaksikan secara langsung oleh kita, dikarenakan terjadi pada 77.000 tahun yang lalu. Berdasarkan penelitian terkini, terungkap bahwa danau seluas 3000 km itu hanyalah kaldera gunung berapi. Gunung di Danau Toba di kenal sebagai supervolcano yang memiliki kantong magma super besar. Danau Toba di nyatakan pernah meletus sebanyak 3 kali,  yaitu 77 ribu tahun, 500 ribu tahun, dan 850 ribu tahun lalu.


Klik Gambar ! Daftarkan Dirimu Sekarang!


Itulah beberapa bencana dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia, tidak kebayang jika hal itu terjadi kembali guys. Semoga artikel bisa semakin menambah wawasan kamu ya, terima kasih guys.

1 comment:

  1. makasih atas infonya, dan jangan lupa kunjungi balik web kami http://bit.ly/2QMOMxw

    ReplyDelete

Jangan lupa di like & Share ya. Thank you.