Tuesday, May 16, 2017

Mengapa Keris Keramat Banyak di Minati ?

Pedang sejatinya banyak dipakai pada zaman dahulu sebagai alat untuk membela diri dan dipakai untuk berperang . Tidak sedikit perang yang terjadi pada zaman dahulu di Indonesia tanpa menggunakan pedang. Pedang ,tombak, dan panah, tapi senjata pedang di Indonesia lebih dikenal dengan Keris , karena penggunaannya yang sederhana dan elegan ,membuat kris banyak dijadikan sebagai pusaka dengan memasukkan atau mengisi ilmu-ilmu gaib pada keris yang dipakai sang pemilik. Umumnya para bangsawan atau-pun raja banyak mengisi kerisnya dengan ilmu-ilmu kebathin-an yang dimilikinya. Beberapa keris pada masanya memang sudah memiliki kekuatan alami yang datang dari alam tanpa harus di isi dengan kekuatan bathin dari pemiliknya . Setiap peperangan yang terjadi ,pasti para rajanya melibatkan keris sebagai senjata utama mereka untuk menyerang raja dari kerajaan lain.




Mengapa keris begitu diminati di Indonesia sampai sekarang ?
Meskipun zaman sudah modern dan manusia sudah berkembang dengan segala kebudayaan yang sudah maju dari pada dimasa lalu, ternyata penggunaan keris masih banyak diminati oleh para masyarakat Indonesia, bukan sekedar sebagai hiasan dan koleksi pribadi. Melainkan banyak masyarakat mempercayai bahwa , jika memiliki keris dapat membuat pemiliknya memiliki kehidupan yang lebih baik. Tapi tidak hanya itu, beberapa keris tentu memiliki kemampuan berbeda yang bisa diberikan kepada pemiliknya. Beberapa kemampuan keris yang bisa kita ketahui yaitu :
1. Memberikan kemakmuran pada usaha,
2. Meningkatkan kewibawaan,
3. Memberikan ilmu kebal pada tubuh,
4. Pemagaran tubuh,
5. Memiliki pengawal gaib,
6. Meningkatkan ilmu kebathin-an,
7. Membuat diri sendiri mudah dipercaya orang lain,
8. Kebal ilmu santet,
9. Di jauhkan dari segala bahaya,
10. Meningkatkan percaya diri,
11. Meningkatkan drajat kehidupan,
12. Membuat karir selalu naik,
13. Mempermudah mencapai segala keinginan,
14. Memberi ketentraman rumah tangga,
15. Pengasih, menarik hati satu orang atau banyak orang.
Itulah beberapa contoh manfaat yang diberikan keris kepada pemiliknya. Namun tidak semua keris bisa memberikan kemampuannya dengan mudah, banyak syarat yang harus dipenuhi, dan juga sang pemilik harus memiliki ikatan jodoh dengan sang pemilik, baru bisa memberikan kemampuan dari keris tersebut. Jika tidak , ada beberapa keris malah sebaliknya bisa memberi petaka jika sang pemilik memiliki hati yang tidak bersih ,dan berniat buruk.

Tapi dizaman sekarang ,penggunaan keris juga digunakan untuk acara pernikahan adat jawa kebangsawanan. Keris menjadi simbol kejantanan bagi sang pria, dan jika sang pria berhalangan hadir , keris dapat dijadikan sebagai wakil atau pengganti dari sang pria untuk melakukan upacara temu pengantin. Keris umumnya banyak dimiliki bangsawan jawa yang diturunkan turun temurun kepada generasinya ,sebagai pusaka keluarga yang berharga dan dikeramatkan.
Nah, itu saja guys informasi tentang keris ., Semoga bermanfaat ya buat kamu semua!  jangan lupa di like dan share ya..

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa di like & Share ya. Thank you.