Thursday, June 1, 2017

Mau Tahu Sejarah Stadium Santiago Bernabéu? Ini Loh Stadium Dari Sang Los Blancos Real Madrid !

kunciemas.com - Tim sepak bola tentu tidak akan lepas dari stadium mereka, sebuah kandang ataupun markas besar bagi masing-masing tim sepak bola di seluruh dunia . Stadium menjadi ikon tersendiri bagi tim-tim sepak bola di seluruh dunia, dan menjadi jati diri untuk setiap klub sepak bola di seluruh dunia. Seperti stadium dari sang Los Blancos ,Real Madrid yaitu stadium Santiago Bernabéu. Untuk bagi para fans Real Madrid tentu sudah tahu bukan ? ya, stadium tersebut telah membawa nama Real Madrid menjadi di kenal dunia sampai sekarang, sebuah perjuangan dari masa ke masa yang membuat stadium ini patut di kategorikan sebagai "Stadium Elite" oleh UEFA.

Stadium Santiago Bernabéu dulunya tidak seperti sekarang yang sudah sangat modern dan elit. Namun tahukah kamu bahwa stadium Real Madrid sudah berganti nama dan tempat beberapa kali? awal mulanya stadium Real Madrid merupakan sebuah lapangan sepak bola kecil , yang terletak di dekat lapangan banteng, dan saat itu tanah lapangan tersebut merupakan milik dari Ratu Christina , yang di sewa dengan harga 150 peseta per tahun. Yang tidak lama kemudian memutuskan untuk berpindah arena lagi di karenakan semakin banyaknya fans , dan bertambahnya minat dari para fans , akhirnya pindah ke O'Donnell Field yang berubah menjadi lapangan modern ,di batasi dengan pagar untuk pertama kalinya yang menjadi pemisah antara pemain dengan penonton ,dan dengan daya tampung penonton sebanyak 6.000 kursi .

Stadium Velodromo Ciudad Lineal

Tidak lama setelah itu, Real Madrid harus pindah lagi , di sebabkan lapangan O'Donnell Field di rencanakan akan segera di bangun komplek perumahan , sehingga menyebabkan Real Madrid harus mencari lapangan baru. Mereka kemudian mendapatkan lapangan sepak bola yang baru yang bernama Velodromo Ciudad Lineal, sebuah lapangan yang di rancang oleh Arturo Soria yang merancang sesuai kebutuhan sepak bola , dengan lapangan yang di lapisi rumput lapangan sepak bola, dan dengan daya tampung sebanyak 8.000 penonton.


Namun , setahun kemudian Real Madrid memutuskan untuk meninggalkan Ciudad Lineal, dan melanjutkan petualangan mereka dengan membangun stadium sepak bola di Chamartin. Setahun kemudian , lahirlah stadium Chamartin Tua , sebuah stadium bersejarah dengan daya tampung sebanyak 15.000 penonton. Di sini Sang Blancos bermain cukup lama yaitu selama 23 tahun. Stadium Chamartin Tua merupakan hasil visi dari Carlos Lopez Quesada, mantan pemain Real Madrid dan pernah menjadi manager tim pada beberapa kesempatan.

Chamartin Tua

Pada tanggal 18 Juli 1936 , perang saudara terjadi dan meninggalkan stadium Chamartin Tua dalam keadaan rusak parah. Real Madrid harus mengumpulkan dana yang tidak sedikit pada waktu itu, dan pertandingan pertama di adakan kembali pada October 1939 , di mana Real Madrid berhasil memenangkan pertandingan melawan Atletico De Madrid dengan skor 2-1 . Renovasi telah di lakukan secara terus menerus dan di perluas untuk kapasitas 25.000 kursi , namun itu tetap tidaklah cukup untuk memenuhi permintaan penggemar yang sangat besar pada saat itu.

Proses Pembangunan Chamartin Baru

Santiago Bernabeu yang merupakan mantan pemain dari Real Madrid ,menjabat menjadi presiden klub pada waktu itu,mewujudkan impiannya untuk membangun sebuah proyek besar yang mampu menampung 100.000 penonton, stadium luar biasa yang pernah tertulis di halaman sejarah Real Madrid . Chamartin Baru ,menjadi stadium terbaik di Eropa dan juga di dunia pada saat itu, di resmikan pada bulan Desember 1947. Santiago Bernabeu tidak berhenti di situ, dia terus mempunyai ambisi untuk meningkatkan stadium tersebut , sehingga pada tahun 1952 pembangunan tahap kedua di lakukan dan selesai pada bulan juni 1954. 

Proses Pembangunan Stadium Santiago Bernabeu

Di saat yang bersamaan , setahun setelah pembangunan selesai ,tepatnya pada tahun 1955 ,para kompromisaris menyepakati untuk menamakan stadium tersebut menjadi Stadium Santiago Bernabeu. Sejak saat itu hingga sekarang , Stadium Santiago Bernabeu telah mengalami banyak perkembangan dan modernisasi demi untuk membuat stadium ini berkembang menjadi semakin optimal untuk para fans dan dunia.

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa di like & Share ya. Thank you.